Humanisme Gusdur Kajian

 Humanisme

 Humanisme   adalah   paham   yang menempatkan    manusia    sebagai    pusat realitas.     Manusia     begitu     diagungkan karena   ia   memang   merupakan   spesiester mulia  yang  memiliki  kecakapan,  tidak hanya bersifat teknis namun juga normatif.Sebagai pusat   relitas   manusia   memilikifungsi     ganda,     yaitu     sebagai     subjekpengolah  alam  sekaligus  objek  tujuan  dari pengolahan alam tersebut. Sebagai    pemikiran,    paham    dangerakan, humanisme lahir di eropa sebagaireaksi  atas  peradaban  dehumanisasi,  dari abad    pertengahan    yang    menampilkan horror persatuan antara agama dan negara.Di  dalam  persatuan  ini,  manusia  menjadi kerumunan sholeh yang harus tunduk padadoktrin    gereja    atas    nama    tuhan. Isu utamanya bukan kebebasan manusia dalam merumuskan   diri   dan   dunia,   melainkan keselamatan  jiwa  sehingga  bisa  menebus dosa asal.Situasi ini dianggap anti humanis karena   tidak   memberi   kesempatan   pada manusia    untuk    menggunakan    potensi terbesarnya,   akal   budi   untuk   mengatur kehidupannya  sendiri.Semua  telah ditentukan  gereja  dan  negara atas  bamatuhan.   Maka   agama,   gereja,   dan   tuhan akhirnya  menjadi common  enemy dari kaum     humanis      yang     meniscayakan runtuhnya agama demi tegaknya kemanusiaan. Kemanusiaan    sebagai    antithesis dari  ketuhanan  inilah  yang  menjadi  ciriutama    dari    humanisme    modern era pencerahan.Ia  sering  disebut  humanis mekritis  sebab  kritis  terhadap  otoritas  gereja yang    membangun    kemanusiaan. 2Kaum humanis    ditandai    dengan    pendekatan rasional   terhadap   manusia   yang   tidakterburu-buru  melakukan  hubungan  singkat dengan  otoritas  wahyuilahi,  tetapi  lebihdulu   lewat   penelitian   cermat   atas   ciri keduniawian     dan     alamiah     manusia. Kebudayaan  tampil  ke  depan  menggeser agama. Manusia  terutama  dimengerti  darikemampuan-kemampuan  alamiahnya,  se-perti    minat    intektualnya,    pembentukan karakternya,    apresiasi    etisnya. Perhatian ditumpahkan  pada  toleransi,  vitalitas  jiwa, keelokan   raga,   persahabatan,   Semua   itudicakup dalam kata humanis. Gerakan   humanis   ini   dimulai   diitalia   lalu   merambat   dengan   cepat   kejerman,  prancis,  belanda  ,  dan  seterusnya. Sulit  dipastikan  mana  yang  lebih  dahulu berperan  dalam  modernisasi  barat, humanisme      atau      ilmu  pengetahuan modern.3 Namun  keduanya  saling  bahu-membahu  alam  mengukuhkan  suatu  cara berpikir     rasional     yang     menempatkan manusia   sebagai   pusat   segala   sesuatu. Salah     satu     perkembangan     ilmu-ilmumodern  dalam  hal  ini  ilmu  alam  dengan humanisme  modern  yang  semakin  skeptis terhadap agama adalah isac newton. Kemuliaan  manusia  terletak  padakebebasannya  untuk  menentukan  pilihansendiri  dalam  posisinya  sebagai  penguasaatas  alam. Gagasan      ini      mendorong munculnya  pemujaan  tidak  terbatas  pada kecerdasan dan kemampuan pada individu dalam     segala     hal. Dengan demikian,gambaran    manusia    yang    dicita-citakan humanisme    renaissans    adalah    manusia universal,   yakni   manusia   yang   berkat kecerdasannya  bisa  maju  dan  berkembang penuh  dalam  seluruh  aspek  kehidupannya,khusnya  dalam  aspek  ilmu  pengetahuan,kesenian,  dan  kebudayaan6,yang  kemudian  lahir humanisme  abstrak  yang  ter-lepas   dari   konteks   particular   komunitas menurut Geertz,     manusia meu dalam humanisme  modern  digambarkan  sebagai mahluk  berakal  yang  tampak  bila  ia  me-nanggalkan kostum-kostum kebudayaan. kemanusiaan     sebagai     individuotonom    yang    bebas    menentukan diri berdasarkan   akal   budi   dan   onotomi   inikemudiaan    menjadi    prinsip    universal kemanusiaan,  telah  berdiri  tegar  di  tengahdunia   yang   tampak   tuhan.   Dalam   arti, kemanusiaan   dalam   humanisme   sering dipahami  sebagai  pemberontakan  manusia atas tuhan, sebab tuhan dan otoritas agama sering  mengkebiri     manusia     sehingga kemanusiaan  tidak  berkembang mencapaititik penuhannya. 


Humanisme 

adalah paham yang menempatkan manusia sebagai pusat realitas. Manusia begitu diagungkan karena ia memang merupakan spesiester mulia yang memiliki kecakapan, tidak hanya bersifat teknis namun juga normatif.Sebagai pusat relitas manusia memilikifungsi ganda, yaitu sebagai subjekpengolah alam sekaligus objek tujuan dari pengolahan alam tersebut. Sebagai pemikiran, paham dangerakan, humanisme lahir di eropa sebagaireaksi atas peradaban dehumanisasi, dari abad pertengahan yang menampilkan horror persatuan antara agama dan negara.Di dalam persatuan ini, manusia menjadi kerumunan sholeh yang harus tunduk padadoktrin gereja atas nama tuhan. Kebudayaan tampil ke depan menggeser agama. Manusia terutama dimengerti darikemampuan-kemampuan alamiahnya, se-perti minat intektualnya, pembentukan karakternya, apresiasi etisnya. Perhatian ditumpahkan pada toleransi, vitalitas jiwa, keelokan raga, persahabatan, Semua itudicakup dalam kata humanis. Gerakan humanis ini dimulai diitalia lalu merambat dengan cepat kejerman, prancis, belanda , dan seterusnya. Salah satu perkembangan ilmu-ilmumodern dalam hal ini ilmu alam dengan humanisme modern yang semakin skeptis terhadap agama adalah isac newton. Kemuliaan manusia terletak padakebebasannya untuk menentukan pilihansendiri dalam posisinya sebagai penguasaatas alam. Gagasan ini mendorong munculnya pemujaan tidak terbatas pada kecerdasan dan kemampuan pada individu dalam segala hal.

Humanisme Islam

 Humanisme ala gus dur  berada  pada-```ranah diskursif,  yaitu  dengan  memberikan sumbangan     agama     bagi     humanisme.Artinya    humanisme    gur    dur    adalah humanisme    perspektif    islam,    sebagai antitesis    dari    humanisme    ateis    yang menawarkan pandangan lain yang berbeda dengan  tradisi  humanisme  ateis  modern. Pandangan ini lahir dari prinsip ketuhanan atas  kemanusiaan.Ia  merupakan  perintah langsung dari  tuhan  sebagai  bagian  dari penugasan   allah   atas   manusia   sebagai kholifahtullah      fil      al-ardh.      Kedua,humanisme Gus  Dur dalam  terang  HAM di  Indonesia.Gus  Dur dalam  hal  ini  akan terlihat  sebagai  pembela  HAM  universal. Namun   pada   saat   bersamaan,   sebagai penggerak   kemanusiaan   di   ranah   parti-cular,      melalui   nilai-nilai      particular masyarakat.Penggalian    humanisme    didalam pemikiran Gus Dur menjadi penting untuk  melihat  prinsip  dasar  dari  segenap pemikiran  dan  gerakannya,  sejak  gerakan sosial dan politik praktis. Pada    titik ini,    ia    merupakan penemuan kami dalam  proses  pembacaan panjang  atasnya.Ini  menandakan  bahwa tanpa  pembacaan  mendalam,  humanisme tidak    akan    bisa    ditemukan    di    dalam pemikiran Gus Dur. Sebab,Gus Dur hanya menyelipkan    perspektif    humanistic    didalam  lapisan  terdalam  dari  pemikiranya.Hal   ini   terjadi   karenaGus   Dur sering membungkus  humanisme  di  dalam  terma-terma      seperti kesejahteraan rakyat,keadilan,   persamaan   di   depan   hukum,demokrasi, hingga toleransi beragama. 

JalinanStrukturalPemikiran 

PemikiranGus  Dur konon  selalu kontroversial  dan sulit    dipahami.Pemikiran ini sering menabrak mainstream pemahaman  masyarakat  Indonesia,khususnya   masyarakat   muslim   dan   NU yang  ia  nahkodai.  Resikonya,  belum  lagipemikiran   itu   pahami,Gus   Dur sendiri telah   dicaci,   misalnya   melalui   sebutan pembela   PKI,   pembela   Ahmadiyah   dan lainnya.Menurut kami,    pernyataan    itu masuk akal belaka.Artinya, sejak di dalam dirinya    sendiri,    pemikiranGus    Dur memang     kontrovensi. Namun,     hal     ini menggambarkan   garis-garis   pemahaman awam masyarakat yang memang rapuh dan perlu  digedor. Gedoran  pemikiran  itu  telahGus  Dur lakukan  demi  pemahaman  yang lebih    mendalam    atas    persoalan    yang sebelumnya  hanya  dipikirkan  masyarakat secara    selayang    pandang. Akan    tetapi,secara subtantif terjadinya kontroversi atas pemikiranGus Dur sebenarnya disebabka noleh     ketidak pahaman     atas     pemikiran itu.Artinya  masyarakat  kurang  memahami landasan dan pikir dan tujuan normatif dari pemikiran Gus Dur. Kami sebut   pemikiran Gus   Dur biasa-biasa  saja  karena  prinsip  dan  tujuan yang  mendasarinya,  biasa  saja.  Ia  disebut biasa   karena   kedua   hal   itu   merupakan prinsip  dan  tujuan  normatif    yang  ada  didalam   setiap   pemikiran   refleksi-historis.Secara  mendasar,  prinsip  dan  tujuan  itu mengacu    pada    pembelaan Gus    Dur terhadap  harkat  tinggi  kemanusiaan,  yangpada  suatu  titik  ia  dasarkan  pada  tradisi keislaman    yang    mendalam.    Jadi,    jika dirumuskan,   corak   atau   jenis   kelamin pemikiran Gus Dur ialah pertemuan antara keislaman  dan  kemanusiaan.Jika  memin-jam  Bourdieu,  prinsip  keislaman  adalah habitus   yang   telah   menrstruktur   dalamalam   bawah   sadar Gus   Dur,   dan   oleh karenanya   menjadi   pola   strukturasi   atas hubungan  antara  pemikiran Gus  Dur dan persoalan   yang   dipikirkannya. Atau   jika meminjam   Habermas,   prinsip   keislaman adalah lebenswelt  komunkatif Gus  Dur.9Pertemuan  antara  keislaman  dan  kemanu-siaan    ini    misalnya    terbaca    di    dalam pemijikannya    atas    ayat    al-qur’an    (al-Maidah:32),waman  ahyana  fakaannamaahya  al-naasa  jami’a. barang  siapa  yang menolong kehidupan seorang maka seakan ia  telah  menolong  semua  umat  manusia. Pertemuan     ini     juga     tersirat     dalam penjelasan Gus   Dur bahwa   agama   dan kemanusiaan  haruslah  disatukan.  “Agama tanpa     kemanusiaan     akan     melahirkan fundamentalisme”.10Dari   dua   ungkapanini,      terpahami      bahwa Gus      Dur mendasarkan    prinsip    kemanusiaan    didalam   tradisi   islam   serta   menghadirkan prinsip    kemansiaan    ke    dalam    prinsip keislaman.    Dalam    kaitan    ini,    prinsipkemanusiaan Gus   Dur selaras   dengan humanisme  modern. 

Pribumisasi Islam 

Gagasan     ini     merupakan     yangpaling  populer  dan  menjadi  trade  markdarinya  yang  menandai  keprihatinanGusDuratas kebudayaan islam di Indonesia ditengah    ancaman    arabisasi. Pribumisasi islam   berada   pada   dua   belahan   ruang-waktu.  Di  satu  sisi,  ia  berada  di  ruang masa  lalu,  tenpat  islam  pertama  kali  hadirdi  nusantara.  Sementara  itu  di  sisi  lain pribumisasi   islam   berada   pada   kontek kekinian,   ketika   geo-kultural   nusantara telah      berubah      menjadi      geo-politikIndonesia.13Dengan,demikian pribumisasi islam  merupakan  gagasan  yang  menandai suatu bentuk islam Indonesia. agasan ini menandakan cara baca yang  digunakan Gus  Dur untuk  melihat proses      islamisasi      nusantara secara realitas.14Oleh   karena   itu,   pribumisasi islam   tidak   sebatas   proses   pembumian islam yang dilakukan olehGus Dur, tetapirealitas   keislaman   di   nusantara. Yang kemudian bisa     ditempatkan     sebagai metodelogi  bagi  proses  pembumian  nilai-nilai    islam    ke    ranah    budaya    yang merupakan     realitas     masyarakat     dan kehidupan.15Sebagai sebuah    metode pribumisasi islam memang memiliki ranah sendiri.  Ranah  tersebut   yakni  hubungan antara    islam    dan    hukum    kebudayaan sebagai  upaya  manusia  mengolah  kehidu-pan.Pribumisasi   islam   ini memperte-mukan  agama  dan  budaya dengan  sangat harmonis    tanpa    kontradiksi. Pada    titikinilah  agama  dan  budaya  menggambarkan hubungan    ambivalen    tetapi sekaligus saling  membutuhkan.”Agama  dan  budaya mempunyai  indenpendensi  masing-masingtetapi     keduanya     mempunyai    wilayah tumpeng     tindih.Bisa     dibandingkan independensi    antara    filsafat    dan    ilmu pengetahuan.Orang tidak dapat berfilsafat tanpa  ilmu  pengetahuan,  tetapi  tidak  bisa dikatakan bahwa ilmu pengetahuan adalah filsafat.Di    antara     keduanya    terjadi tumpeng    tindih    sekaligus    pembedaan-pembedaan. Yangkemudianbisa     ditempatkan     sebagaimetodelogi  bagi  proses  pembumian  nilai-nilai    islam    ke    ranah    budaya    yangmerupakan     realitas     masyarakat     dankehidupan.15Sebagaisebuah    metodepribumisasi islam memang memiliki ranahsendiri.  Ranah  tersebut   yakni  hubunganantara    islam    dan    hukum    kebudayaansebagai  upaya  manusia  mengolah  kehidu-pan.Pribumisasi   islam   inimemperte-mukan  agama  dan  budayadengan  sangatharmonis    tanpa    kontradiksi.Yangkemudianbisa     ditempatkan     sebagaimetodelogi  bagi  proses  pembumian  nilai-nilai    islam    ke    ranah    budaya    yangmerupakan     realitas     masyarakat     dankehidupan.15Sebagaisebuah    metodepribumisasi islam memang memiliki ranahsendiri.  Ranah  tersebut   yakni  hubunganantara    islam    dan    hukum    kebudayaansebagai  upaya  manusia  mengolah  kehidu-pan.Pribumisasi   islam   inimemperte-mukan  agama  dan  budayadengan  sangatharmonis    tanpa    kontradiksi. Yangkemudianbisa     ditempatkan     sebagaimetodelogi  bagi  proses  pembumian  nilai-nilai    islam    ke    ranah    budaya    yangmerupakan     realitas     masyarakat     dankehidupan.15Sebagaisebuah    metodepribumisasi islam memang memiliki ranahsendiri.  Ranah  tersebut   yakni  hubunganantara    islam    dan    hukum    kebudayaansebagai  upaya  manusia  mengolah  kehidu-pan.Pribumisasi   islam   inimemperte-mukan  agama  dan  budayadengan  sangatharmonis    tanpa    kontradiksi. Pada    titikinilah  agama  dan  budaya  menggambarkan hubungan    ambivalen    tetapi sekaligus saling  membutuhkan.”Agama  dan  budaya mempunyai  indenpendensi  masing-masingtetapi     keduanya     mempunyai    wilayah tumpeng     tindih.Bisa     dibandingkan independensi    antara    filsafat    dan    ilmu pengetahuan.Orang tidak dapat berfilsafat tanpa  ilmu  pengetahuan,  tetapi  tidak  bisa dikatakan bahwa ilmu pengetahuan adalah filsafat.Di    antara     keduanya    terjadi tumpeng    tindih    sekaligus    pembedaan-pembedaan.



Humanisme Gus Dur 

Dari segenap pemikiran sebelumnya sejak rangkaian pemikiran islam hingga pemikiran kebudayaan, demokrasi, dan sosial kita bisa menemukan dasar keprihatinan yang menggerakkan Gus Dur untuk berpikir dan bertindak. Keprihatinan ini adalah struktur masyarakat yang timpang yang membuat manusia terhambat uuntuk memenuhi kebutuhannya. Dasar keprihatinan ini jarang terlihat tetapi akan menemukan ketika kita menelusup pada kedalaman rangkaian pemikiran yang komprehensif. Kami menyimpulkan bahwa dasar dari segenap pemikiran Gus Dur adalah humanisme. Maksud dari humansme di sini adalah pemuliaan Gus Dur atas martabat yang tinggi, khususnya dihadapan tuhan dan oleh karena itu, manusia harus dimuliakan. Dengan demikian manusia menjadi terminal akhir dari segenap pemikiran dan gerakan Gus Dur melampaui nilai-nilai apapun bahka formalisme islam yang sering ia kritisi. Terdapat beberapa sinyal yang menunjukkan humanisme itu. Pertama, pesan Gus Dur yang menyatakan ,«agama harus disandingkan dengan kemanusiaan. Jika tidak ia akan menjadi senjata fundamentalistik yang memberangus kemanusiaan.25 Kedua, pemegang-teguhan Gus Dur atas surat al-maidah ayat 32, waman ahyana fakaannama ahyannasa jami’a. barang siapa yang membantu kehidupan seseorang maka sama dengan membantu kehidupan semua umat. Ayat ini, merupakan ayat utama Gus Dur dan menjadi dasar pengabdian hidupnya. Asumsi dasar ini menyangkut pandangan awal Gus Dur atas manusia dan haekat nilainya bagi Gus Dur. Menurut Gus Dur,» pesan-pesan yang dibawakan islam pada umat manusia adalah sederhana saja, bertauhid, melaksanaan syariah, menegakkan kesejahteraan di muka bumi. Dari paparan di atas terlihat bahwa Gus Dur menemukan universalisme islam di dalam ajaran kemanusiaan. Artinya segenap nilai utama yang meliputi tauhid fiqh, dan ahlak ternyata menunjukkan kepedulian mendalam atas nasib kemanusiaan. Hal ini tentu bertentangan dengan kalangan formalis yang menempatkan ajaran tauhid dan fiqh di atas manusia. Namun hal ini menjadi wajar ketika sejak awal, Gus Dur telah menanamkan keyakinan atas keesaan allah di dalam perintahnya untuk memuliakan manusia sebagai pembawa kesejahteraan di muka bumi. Tidak ada benturan antara manusia dan tuhan sebab manusia adalah mahluk yang dimuliakan.Pada titik ini humanisme Gus Dur bukan humanisme sekuler yang bisa eksis ketika tuhan ditiadakan. Humanisme Gus Dur bukan merupakan «’humanisme tauhid» sebab kemulian manusia lahir dari keyakinan mendalam atas perintah ketuhanan.Hal serupa dengan pengaitan fiqh dan kemanusian. Hal yang paling menarik adalah penempatan kemanusiaan sebagai univer salisme itu sendiri. Hal ini menarik karena Gus Dur tidak menempatkan allah misalnya atau tauhid sebagai universalisme islam. Hal ini tentu kontroversial dan membuahkan caci-kafir atasnya. Namun ia bisa dipahami dalam kerangka pemahaman Gus Dur atas kemanusiaan atas perintah utama dari tuhan, sebagai menifestasi atas pertunjukannya kepada manusia sebagai kholifatullah. Runtutan logika yang lahir dari asumsi dasar manusia perspektif islam inilah yang perlu dipahami, untuk memahami kemanusiaan sebagai univer- salisme islam. Persoalannya, ketika wujud dari kemanusiaan adalah perlindungan atas hak-hak dasar manusia yang salah satu rumusnya terdapat dalam tradisi maqasid al-syariah«Menurut Gus Duria terletak di dalam dua hal. Pertama, perlindungan atas hak asasi manusia telah terpatri dalam pemikiran Gus Dur tentang universalisme islam. Sementara pengembangan struktural masyarakat yang adil merupakan praksis demi perlindungan atas hak asasi manusia tersebut.Artinya humanisme Gus Dur akhirnya tidak berhenti pada perlindungan hak asasi manusia, yang bisa menggelin- cirkan humanismenya ke dalam jurang individualisme. Hal ini tentu terkait dengan konsep etika sosial islamnya, karena bagi Gus Dur kemanusiaan diwujudkan melalui pemenuhan hak-hak dasar manusia di dalam kerangka kehidupan sosialnya.Artinya, kemanusiaan menyatu dengan sosialitas manusia, sebab di dalam sosialitas tersebut hak-hak dasar manusia sering dikebiri, oleh karenanya harus diperjuangkan kembali.Watak kemanusiaan yang sosial ini terlihat dalam rumusan Gus Dur atas bentuk ideal dari hak asasi manusia.30Corak hak asasi manusia Gus Dur yang mengacu pada keseimbangan antara pendekatan liberal dan pendekatan struktural.Pendekatan liberal merujuk pada pemberian hak-hak yuridis-politis yang akhirnya melahirkan hak sipil dan politik.Pendekatan minimalis ini terkritik, Gus Dur menawarkan pendekatan struktural yang merupakan bagian dari generasi kedua dan ketiga dari HAM. Ini menyimpulkan bahwa bukanlah humanisme liberal, melainkan humanisme komunitarian. Liberalisme menempatakan individu sebagai pusat realitas sehingga masyarakat dampak dari kontrak sosial yang dibuat oleh individu demi pemenuhan kepentingan perindividu. Pemuliaan individu akhirnya menjadi bagian dari pemuliaan nilai-nilai yang membatin di dalam kultur, di mana individu lahir di dalamnya.



nirmana bisa lebih paham sebuah seni dari pencahayaan estetika tridi buat trimatra tentang nirma


musik hiphop yang memliki keajaiban memiliki suasana hati genre hiphop 

pengaruh musik hiphop emosional diri dampak menarik fakta menarik musik hiphop 

ritme ritme dan energi seamngat berani dan lainnya

lalu mendengarkan musik hiphop merespon dengan nikmat dari lirik lirik hiphop dalam melamngkan hidup perjuangan mendengarkan emosi merasa emosi terhubung nyanyi hiphop 

ekspresi kreatifitas saran ekspresi diri dalam mengespresikan pandangan dalam musik hiphop tersebut dalam memberikan pendengarnya 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KAJIAN ESTETIKA WARNA DALAM DESAIN

ANALISIS DAN KESIMPULAN LAGU TIKUS TIKUS KANTOR IWAN FALS (BAGIAN KERANGKA TEORITIK,ANALISIS DAN KESIMPULAN)

Hidup menjadi lebih baik dengan DKV