KAJIAN ESTETIKA WARNA DALAM DESAIN
LITERATUR RIVIEW 20 JURNAL (ESTETIKA,WARNA,DESAIN)
1. 1. Patriansyah, Mukhsin. "Analisis Estetika
pada Karya Seni Patung Dolorosa Sinaga." Besaung: Jurnal Seni Desain dan
Budaya 5.1 (2020).
Riview = mempelajari seni, kita dapat memahami bahwa karya seni adalah manifestasi visual yang berkomunikasi dan mengekspresikan ide serta pengalaman yang diciptakan oleh senimannya. Karya seni yang dihadirkan adalah representasi dari fenomena di sekitarnya, yang memiliki makna dan arti khusus untuk dipecahkan dan dianalisis. Pandangan ini sejalan dengan yang diungkapkan oleh Dharsono: Estetika dalam seni, dan cara pelaksanaannya, adalah bentuk apresiasi. Apresiasi seni adalah proses sadar yang dilakukan oleh penikmat dalam menghadapi dan memahami karya seni. Pendekatan ini sangat relevan dengan teori Cassirer yang dijelaskan oleh Agus Sachari, bahwa bentuk simbolis dalam sebuah karya estetis bukanlah sekadar reproduksi dari realitas yang selesai. Teori estetika yang diungkapkan oleh Monroe Bardsley menekankan tiga unsur utama dalam menciptakan karya seni yang baik dan benar, yaitu kesatuan, kompleksitas, dan intensitas. Kesatuan dapat dilihat dari unsur-unsur visual yang menjadi satu dalam sebuah karya seni. Sebagai mahasiswa yang mempelajari seni, kita dapat memahami bahwa karya seni adalah manifestasi visual yang berkomunikasi dan mengekspresikan ide serta pengalaman yang diciptakan oleh senimannya. Pandangan ini sejalan dengan yang diungkapkan oleh Dharsono Estetika dalam seni, dan cara pelaksanaannya, adalah bentuk apresiasi. Apresiasi seni adalah proses sadar yang dilakukan oleh penikmat dalam menghadapi dan memahami karya seni. Apresiasi bukan sekadar menikmati, tetapi proses untuk menafsirkan makna yang ada dalam karya seni.
2. 2. Munawarah, Pyo Apriliana. "Analisis
Estetika Karya Nurul Hikmah Dalam Karya Seni Grafis Berjudul “MOOD”."
Jurnal sangkareang Mataram 6.2 (2020): 51-56.
RIVIEW = yang
mempelajari seni, kita mengakui bahwa penciptaan karya seni melibatkan
elemen-elemen dasar seperti titik, garis, bentuk, ruang, tekstur, dan warna.
Pengaturan elemen-elemen ini mencerminkan ekspresi estetik pribadi sang
seniman. Dalam dunia Grafis Digital Printing, elemen-elemen ini digunakan untuk
menyampaikan pesan dan memperdalam pemahaman kita tentang karya seni grafis
digital. Dharsono, dalam bukunya Lingkup Estetika, menjelaskan keindahan dalam
konteks yang luas, termasuk keindahan seni, alam, moral, dan intelektual, yang
semuanya berhubungan dengan pengalaman estetis seseorang. Karya seni grafis
seringkali merupakan hasil dari pengalaman sehari-hari, respons terhadap
lingkungan, dan imajinasi seniman yang dipengaruhi oleh suasana hati. Teknik
cetak digital memungkinkan penciptaan karya dengan ukuran dan detail warna yang
bervariasi. Berbeda dengan cetak saring yang menggunakan silk screen, seni
grafis murni tidak terikat pada fungsi praktis, melainkan fokus pada ekspresi
artistik melalui media cetak untuk mencapai estetika yang indah. Teknik cetak
tinggi atau relief print adalah salah satu metode di mana bagian yang timbul
dari permukaan berfungsi sebagai penghantar tinta. Analisis karya "The
Hyperbolic of Money Mad" menunjukkan upaya Nurul Hikmah untuk
menggambarkan antusiasme seorang wanita terhadap uang. Karya ini menampilkan
ekspresi wajah yang elegan dan penuh makna, diperkuat dengan bentuk dan warna
yang menandakan situasi tersebut. Hyperbolic of Money Mad memiliki motif yang
unik dan istimewa, sementara karya Never Stop to See menawarkan variasi motif
yang lebih sederhana. Dengan demikian, kita sebagai mahasiswa dapat
mengapresiasi kerumitan dan keindahan yang terkandung dalam seni grafis, baik
dalam aspek teknis maupun konseptual.
kita diajak untuk menghargai bahwa setiap
karya seni tercipta dari elemen-elemen dasar yang harmonis; titik, garis,
bentuk, ruang, tekstur, dan warna. Pengorganisasian elemen-elemen ini
mencerminkan ekspresi estetik pribadi yang unik dari setiap seniman. Dalam
Grafis Digital Printing, pesan-pesan yang terkandung dalam karya seni
dieksplorasi lebih dalam, memungkinkan kita untuk mengkaji dan mewujudkan visi
artistik dalam format digital. Teknik cetak digital memungkinkan penciptaan karya
dengan ukuran dan detail warna yang bervariasi, memberikan kebebasan ekspresi
yang lebih besar. Berbeda dengan cetak saring yang menggunakan silk screen,
seni grafis murni tidak terikat pada fungsi praktis, melainkan fokus pada
ekspresi artistik melalui media cetak untuk mencapai estetika yang indah.
Hyperbolic of Money Mad memiliki motif yang unik dan istimewa, sementara karya
Never Stop to See menawarkan variasi motif yang lebih sederhana. Dengan
demikian, kita sebagai mahasiswa dapat mengapresiasi kerumitan dan keindahan
yang terkandung dalam seni grafis, baik dalam aspek teknis maupun konseptual.
3. 3. Abudinata, Akhmad. Analisis Estetik Lukisan Joni
Ramlan Berobjek Sepeda. Diss. State University of Surabaya, 2016.
Riview = kesenian di Indonesia mengalami
perkembangan yang sangat pesat. Berbagai macam eksplorasi terjadi didalam
penciptaan karyanya. Seni adalah suatu cara untuk menyampaikan baik
kepercayaan, gagasan, sensasi, atau perasaan dengan cara seefektif mungkin. Banyak
seniman mendapat pengaruh dari orang lain di masa lalu, dan juga beberapa garis
pedoman sudah muncul untuk mengungkap gagasan tertentu lewat simbolisme dan
bentuk. Dalam melukis Kemampuan penggarapan serta penguasaan bahan dan alat
merupakan aspek yang utama. Seorang perupa harus memperhatikan kombinasi
unsurunsur, sehingga ekspresi dan emosi dapat dimengerti. Lukisan adalah hasil
penguasaan bahasa estetik. Seni lukis merupakan wadah penyaluran ekspresi dan
kreativitas menjadi salah satu pilihan bagi seorang seniman dalam mengolah rasa
seni dan mengungkapkan ekspresi. Sedangkan estetika diangap sebagi salah satu
cabang fisafat yang disebut filsafat keindahan. Joni ramlan adalah pelukis yang
lahir di Sidoarjo pada 19 juni 1970. Merupakan perupa yang berpengaruh bagi
perkembangan seni di Mojokerto. Dimana pada awal perjalanannya sebagai pelukis,
dia dikenal sebagai pelukis gedung-gedung tua dan suasana kota. Tetapi tidak
seperti kebanyakan pelukis, ketika lukisan bertema kota tua itu laris manis, Joni
bergeser ke arah lukisan yang lebih mementingkan ekspresi daripada sekadar
dokumentasi. Joni kemudian hanya tertarik satu bagian kecil dari pemandangan
bangunan tua itu yang dilukisnya secara close up. Sepeda Joni Ramlan, dalam
pameran tunggalnya yang bertajuk Menggantung Masa Lalu secara spesifik
mengangkat sepeda sebagai konsep dasar dalam karyakaryanya. Dimana sepeda
menjadi bagian dari masa lalu yang kehadirannya semakin menampakkan realitas
yang tersudut. Beberapa indikatornya antara lain, semakin tergusurnya ruang
untuk pengguna sepeda oleh kendaraan bermotor.
4. 4. Sundari, Rista. "Analisis Estetik Seni
Lukis Kolase Landscape Karya Budi Irawan." Irama: Jurnal Seni Desain Dan
Pembelajarannya 2.1 (2020): 13-22.
Riview = Seni berhubungan dengan kehidupan yang bisa kita
gali dari pengalaman, pengamatan serta hasil eksplorasi berbagai media. Seni
hadir karena rasa, muncul dengan kreativitas. Setiap manusia memiliki
kreativitas dengan imajinasi yang berbeda sehingga munculah beragam seni yang
melahirkan estetika. Pandangan estetik setiap orang berbeda, ketika seseorang
menilai sebuah karya yang dibuat dengan bahan yang mahal ataupun dengan media
tertentu bagus maka belum tentu orang lain memiliki penilaian yang sama. Salah
seorang seniman kolase asal kota Tasikmalaya, Budi Irawan telah menghasilkan
banyak karya lukis dengan teknik kolase. Karya tersebut termasuk unik
menggunakan media batang semu serta daun pisang kering. Di Tasikmalaya terdapat
banyak pohon pisang yang dimanfaatkan hanya diambil buah pisangnya saja. Batang
semu dan daun pisang kering yang dijadikan media berkarya oleh Budi Irawan,
merupakan sebuah pemanfaatan limbah. Batang semu dan daun pisang kering
biasanya hanya di buang, tetapi ada sebagian kecil di daerah-daerah tertentu
yang memanfaatkan daun pisang kering sebagai pembungkus makanan. Selain
penyaluran hobi berkesenian, kegiatan berkarya Budi Irawan dapat dijadikan
industri kreatif. Estetik Seni Lukis Kolase Landscape Karya Budi Budi Irawan.
Lingkungan alam merupakan hal penting yang harus kita jaga dan lestarikan
karena lingkungan yang sehat memberi dampak positif bagi kehidupan. Seniman
dapat mengeksplorasi inspirasi lingkungan menjadi sebuah karya seni yang
bermanfaat. Seniman tidak hanya mementingkan karya seninya untuk di pajang dan
dipamerkan, namun dapat memberi kesadaran terhadap lingkungan. Seni lingkungan
adalah seni yang memanfaatkan berbagai material sebagian besar adalah material
bekas atau material yang tidak layak pakai untuk berkesenian, para artist punya
misi tertentu terhadap lingkungan, yang dalam format yang kecil seni ini
Melukis merupakan kegiatan menerapkan cat pada bidang dua dimensional dengan
beragam teknik, garis, tekstur dan unsur visual lainnya. Setiap karya lukis memiliki
nilai tertentu sesuai dengan tujuan pembuatannya. Bahan untuk membuat lukisan
sangat beragam dimulai dari penggunaan cat. Seperti cat minyak, cat akrilik,
cat poster, kemudian bahan daur ulang dan lain-lain. Pengaruh lingkungan
kehidupannya Proses pengerjaan lukisan pemandangan alam tersebut lebih cepat.
Oleh karena itu analisis yang dibahas berikut ini berfokus pada karya-karya
pemandangan alam Dalam penelitian ini dipilih sembilan karya pemandangan .
Suryakanta. analisis estetik seni lukis kolase landscape karya budi Irawan
diperoleh simpulan sebagai berikut: Karya lukis kolase Budi Irawan yang bertema
pemandangan merupakan karya lukis bergaya realis dengan menggunakan media alami
yaitu batang semu dan daun pisang kering. Karya lukisnnya dipengaruhi oleh
lingkungan kehidupannya. Sukapura" dan "Suryakanta".
Penggambaran objek lukisan landscape terbentuk oleh bidang geometris dan
non-geometris. Sering di jumpai pada karya lukis beliau objek rumah dan perahu
sederhana yang tersusun oleh bidang geometris yaitu bidang persegi maupun
persegi panjang. Nilai estetik selalu ada dalam lukisan Budi Irawan, terlihat
dari perinsip rupa yang terdapat pada karya beliau. Kesatuan selalu tercipta
dari penempatan objek yang tertata dan menarik. Penempatan objek yang di sesuaikan
dengan karakter batang semu dan daun pisang kering menjadikan lukisan Budi
Irawan memiliki cirikhas tersendiri. Penggunaan bahan, warna yang alami dan
proporsi yang seimbang sehingga karya Budi Irawan memiliki keselarasan secara
visual.
5. 5. Toriq, Achmad. Analisis Estetik Karya Toni
Ja'far Bertema “Build the House”. Diss. State University of Surabaya, 2015.
Riview = Seni
merupakan suatu kegiatan dan sekaligus juga sebuah hasil kegiatan. Kedua hal
itu dapat dibedakan tetapi tidak dapat dipisahkan . Seni merupakan usaha
manusia untuk menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan. Seni merupakan
kreasi bentuk simbolis yang mengalami transformasi yang merupakan
universalisasi dari pengalaman, dan bukan merupakan terjemahan dari pengalaman
tertentu dalam karya seninya melainkan formasi pengalaman emosionalnya yang
bukan dari pikirannya semata. Dorongan yang menjadi motivasi utama dalam proses
berkesenian. Bentuk visual jika ditinjau dari struktur estetik serta nilai-nilai
yang tersirat didalam karyanya. Penulis akan menganalisa dan merefleksikan
simbol-simbol yang tertangkap indrawi pada karya-karya Toni Ja’far yang
bertajuk Build the House, The Visual Trace of Toni Ja’far’s Emotional
Experience . Setiap perupa memilki sumber tenaga yang mendorong terciptanya
sebuah karya seni. menciptakan benda-benda nyata dari sesuatu yang abstrak
ataupun sesuatu yang nyata menjadi abstrak ataupun sesuatu yang nyata abstrak
motivasi yang selalu membakar semangat dalam berkarya, dorongan yang
mengacuhkan kondisi perupa dalam titik keterbatasan. motivasi besar yang
membuat Toni Ja'far menciptakan karya ada dua aspek. Tahapan proses kreasi
cenderung terlompati dan dilakukan secara acak. Kesederhanaan tema dan teknik
menjadi karakteristik perupa. Tema Build the House yang sifatnya mendasar
bahkan biasa, dengan objek karya sering diulang dan kuantitas yang besar.
Pengulangan tema utama dalam beberapa karya bukan menunjukkan ketidakkreatifan
justru ini menunjukkan kekuatan emosi yang besar dalam tema tersebut. Karya
Toni Ja’far bertema Build the House menunjukkan kematangan teknik dan
pengalaman emosi yang diinterpretasikan dalam karya yang artistik.
6. 6. Maghdalena, Dina Noventin, and Suryadi Suryadi.
"Analisis estetik karya seni lukis moel soenarko yang bertema
heritage." IRAMA: JURNAL SENI DESAIN DAN PEMBELAJARANNYA 1.2 (2019): 9-23.
Riview = Sekarang ini, ruang dan dimensi yang dihadirkan
dalam dunia seni lukis telah terbuka lebar, juga tanpa batas-batas persoalan
media. Apalagi kalau berbicara tentang seni lukis di Indonesia, tak terkecuali
di Bandung. Banyak perupa muda yang telah mengenal dan bersentuhan dengan
berbagai media, di sudut lain masih ada perupa yang terus tertarik dengan
perkara teknik, bahan, dan media, bahkan tema-tema yang telah jauh ditinggalkan
waktu. Moeljaningsih atau lebih dikenal dengan Moel Soenarko memang tergolong
baru dijajaran pelukis perempuan. Kemunculannya sebagai pelukis baru dimulai
pada tahun 1998. Kini, Moel Soenarko mulai dikenal oleh publik seni lukis,
lantaran karya-karyanya memberikan pesona yang estetik dan bermakna. Seniman
yang berasal dari kota Malang ini sudah banyak menyumbangkan ilmunya kepada
orang lain. Painting And Sculpture Exhibition; dan lain sebagainya.
Ketertarikan Friska Br Ginting, alumni jurusan Indonesia. Djatiprambudi,
penulis dan kurator seni rupa yang berdomisili di Jawa Timur. Dari
ketertarikannya itulah Pak Djuli mewujudkan apresiasinya dalam bentuk buku Moel
Soenarko Pelukis Realis – Humanis. Pengalaman perjalanan dari satu kota ke kota
lain memberikan pengalaman yang berharga bagi Moel Soenarko, baik dalam
berkarya maupun psikologis. Dalam konteks membuat karya, hal itu menjadi
inspirasi ide berkarya. Salah satu tema yang dihadirkan dalam lukisannya adalah
warisan atau heritage. Dari pengalamannya, Moel telah melihat banyak benda atau
bangunan kuno, tidak hanya itu, tempat-tempat seperti Banjarmasin, Malang,
Jakarta, dan Bandung memiliki keunikan tersendiri yang dapat Moel hadirkan
melalui filososfi lukisannya. Alasannya adalah suatu kebanggaan bahwa
terbangunnya gedung atau bangunan pada era tersebut yang memiliki nilai
sejarah. Gedung tersebut masih tetap berdiri sampai sekarang, tetap diminati
orang, dan tidak berkurang keindahannya. Seperti saksi bisu bagi perkembangan sejarah
dikota itu, sebagai identitas suatu kota, dan dapat menunjukkan tanda zaman
ketika gedung itu dibangun. Menurutnya, sangat disayangkan jika gedung atau
bangunan tersebut tidak diabadikan. Berbicara tentang warisan atau heritage
sangat erat kaitannya dengan waktu, sebagaimana yang diungkapkan oleh Moel
Soenarko «sesuatu yang bermakna dan jangan dilepas menjadi sesuatu yang kosong
tak berguna dengan tidak melakukan apa-apa. Waktu adalah jalan sejarah dan
hikmah kehidupan. Berkarya dan terus berkarya adalah hitungan menuju akhir yang
indah» . Malang satu buah lukisan bertema heritage, yang mewakili kenangan Moel
menjadi seorang istri Malang. Terakhir, Jakarta pun satu buah lukisan bertema
heritage, karena kenangan Moel terhadap sungai dan objek yang berada di pinggir
sungai. Lukisan-lukisan tersebut dijadikan sampel penelitian terpilih
berdasarkan lokasi domisili Moel Soenarko yang terdapat pada objek lukisan
dengan tema heritage. Moel Soenarko memilih tema wong cilik dan heritage dalam
lukisannya. Jika ditelusuri lebih mendalam berdasarkan latar belakang pembuatan
karya, kedua tema tersebut tidak benar-benar terpisah dan berbeda. Dari segi
visual memang terlihat berbeda antara tema heritage dan wong cilik. Deskripsi
Ide Kreatif Moel Soenarko dalam Lukisan yang Bertema Heritage. Dalam menentukan
konsep berkarya lukis dengan tema heritage, Moel Soenarko melewati beberapa
tahapan dalam mencapainya. Hal tersebut dikenal dengan proses ide kreatif.
Berdasarkan teori Graham Wallas, beberapa tahapan tersebut yaitu tahap
persiapan, tahap pengeraman, tahap pencerahan, dan tahap pembuktian. Pada tahap
persiapan, dimana beliau memikirkan dan mengeksplorasi sebuah ide untuk
menghasilkan sebuah karya lukis dengan tema heritage. Munculnya sebuah ide
memerlukan adanya stimulan yang berasal dari dalam diri Moel dan dari luar
diri. Ciliwung» tahun 2010 ukuran 60x80 cm. Oleh karena teknik melukis yang
dilakukan beliau secara konvensional yaitu dengan menggunakan kuas dengan
sapuan halus, maka tekstur yang ditampilkan pun berupa tekstur semu. Secara
komposisi dan estetis, lukisan-lukisan Moel tampak menyatu dengan adanya
harmoni dan irama dari pengulangan-pengulangan yang digambarkan. Keseimbangan
yang banyak digunakan pada lukisanlukisannya yakni asmiteri atau informal,
terlihat dengan menarik garis baik secara vertikal maupun horizontal pada
bagian tengah bidang lukis.
7. 7. Rustiyanti, Sri, et al. "Estetika Tari
Minang dalam Kesenian Randai Analisis Tekstual-Kontekstual." Panggung 23.1
(2013).
Riview = Kesenian tradisi yang merupakan warisan dari para
pendahulu, sampai sekarang masih banyak ditemukan di ber bagai daerah. Dari
sekian jumlah kesenian tradisi, ada yang masih utuh dipentaskan, tetapi ada
pula yang hampir punah dan sulit ditemukan, bahkan ada pula yang tidak sempat
didokumentasikan dan disaksikan sampai sekarang. Begitu pula daerah Mi-
nangkabau memiliki berbagai macam je- nis kesenian, tiap-tiap jenis mempunyai
bentuk, fungsi, dan tema yang berbeda. Di antara sekian jenis kesenian yang
ada, Randai merupakan bentuk kesenian 4343 menggunakan medium seni multi ganda,
karena didukung oleh beberapa cabang seni, di antaranya seni tari, seni musik,
seni teater, seni sastra, dan seni rupa. 15 sampai 25 orang. Para pemain itu
me- rupakan kelompok pemain gerak galom bang Randai, kesatuan kelompok pemain
gerak galombang Randai itu tidak mengikat pemain satu dengan pemain lainnya,
karena pemain bebas dalam mengikuti lingkaran galombang Randai. Bahkan kadang-
kadang seorang pemain dapat keluar dari lingkaran galombang Randai sebelum
Randai berakhir, karena kelelahan atau keperluan yang lain. Ketiadaan pemain
tersebut tidak mengganggu jalannya Randai yang memang tidak ada ketetapan
jumlah pemain Gerak galombang Randai tidak dihafal seperti gerak tari pada
umumnya, tetapi gerakan seorang pemain akan meniru gerak yang dilakukan oleh
orang yang diang- gap tukang goreh . atau keindahan yang bermuara pada
estetika; ‘kataghos’ atau berbudi luhur yang bermuara pada etika. Estetika
berkaitan dengan nilai-nilai sebagaimana yang di semboyankan oleh mahzab
skolastik: omne ens unum, verum, bonum, pulchrum: segala sesuatu yang ada,
sejauh itu ada, bersifat tunggal yang berupa benar, baik, dan indah. dan
‘quantus’ . Kedua nilai tersebut dikonfigurasikan untuk mencari kebenaran yang
hakiki yang pada akhirnya mencapai suatu tingkatan kesadaran estetik .
Berbicara tentang konsep estetik berarti berbicara tentang keindahan. Estetika
di pandang sebagai suatu filsafat ditempatkan pada titik dikotomis antara
realitas dan abstrak, juga antara keindahan dan makna. Fenomena visual dalam
konteks penelitian ini adalah mengacu pada konsep estetik dalam konteks
transendental, artinya konsep yang diadopsi dari kearifan lokal dalam
masyarakat Minangkabau yaitu filosofi alua patuik raso pareso.
8. 8. Nasution, Zakiyah Rahman, and Daulat Saragi.
"Analisis Infografis Baliho Kesehatan Masa Pandemi Covid-19 di Kota
Padangsidimpuan Ditinjau dari Tipografi, Warna dan Fungsi." Journal of
Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS) 4.3 (2022): 1765-1779.
Riview = Desain grafis merupakan suatu bentuk komunikasi
visual dengan menggunakan bahasa rupa, yang disampaikan melalui media berupa
desain yang bertujuan menyampaikan informasi pada konsumen, mempengaruhi,
hingga merubah perilaku target atau konsumen sesuai tujuan yang ingin
diwujudkan. Wujud dari desain grafis yaitu: brosur, surat kabar, majalah,
tabloid, poster, banner, baliho dan lain-lain. Keseluruhan wujud dari desain
grafis tersebut saat ini sering disebut dengan istilah infografis. Infografis
merupakan visualisasi data, gagasan, informasi atau pengetahuan melalui bagan,
grafis, jadwal dan lainnya agar data, gagasan, informasi atau pengetahuan dapat
disajikan lebih dari sekedar teks dan memiliki dampak visual yang cukup kuat
dan lebih menarik . Infografis dibangun dari unsur tulisan, gambar, ataupun
kombinasi antara keduanya, yang diproduksi secara massal. Infografis bukan
hanya menampilkan gambar tapi juga berperan untuk memberikan informasi yang
sesungguhnya kepada masyarakat. Baliho tersebut disajikan dengan warna seperti
tanda lampu lalu lintas yaitu merah, kuning, dan hijau. Baliho yang bernuansa
hijau adalah baliho untuk daerah yang berkondisi atau bertanda aman yang dalam
masa pandemi ini disebut dengan zona aman. Informasi yang diberikan adalah
tentang upaya masyarakat agar tetap memelihara kesehatan, menjaga imunitas
tubuh dan mematuhi protokol kesehatan, demikian untuk baliho yang bernuansa
kuning dan merah. Kuning menandakan hati-hati sedangkan merah menandakan
berhenti atau sebuah tanda bahaya. Begitu juga dengan tipografi, tipografi pada
baliho harus bisa mewakili konsep dan karakteristik dari apa yang ingin
disampaikan . Pemilihan tipografi yang tepat tidak hanya dapat memberikan
gambaran pada target audiens mengenai isi pesan tersebut tetapi juga dapat
menarik dan memancing rasa ingin tahu mereka untuk menggunakannya . Hasil dari
penelitian ini menunjukkan warna berperan penting dalam pertimbangan konseptual
terkait apa konten dan temanya, siapa target audiensnya, dan apa kesan dan identitas
yang ingin ditampilkan dalam perancangan media infografis. Selanjutnya Adiyansa
dengan judul unsur visual infografis pilkada pada koran harian solopos edisi
bulan juni 2018. Hasil dari penelitian ini adalah walaupun masing-masing
desain infografis memiliki karakter yang unik dan berbeda dalam membuat
infografis, tetapi ketujuh infografis ini memiliki pemilihan warna yang hampir
sama yaitu menggunakan dominan warna terang, karena warna dari ketujuh
infografis yang diteliti oleh penulis menggunakan warna yang menonjol dan
tujuan dari warna menonjol agar mata pembaca fokus ke objek tersebut.
9. 9. Pranata, Aditya Inggar, and Hendro Aryanto
Muhajir. "Analisis Elemen Desain Pada Kemasan Ledre Super Di
Bojonegoro." Surabaya: Universitas Negeri Surabaya (2015).
Riview = Makanan ringan khas daerah turut memberikan andil
yang besar pada perkembangan perekonomian daerah dan turut berperan menjadi
daya tarik konsumen untuk wisatawan lokal. Kemasan yang telah digunakan pada
banyak makanan ringan khas daerah tersebut banyak macamnya, mulai dari sekedar
bungkus plastik dengan label keterangan yang sederhana sampai kemasan dengan
bentuk yang memanfaatkan kertas yang dilengkapi penambahan unsur grafis pada
tampilannya. Desain grafis merupakan salah satu aspek yang penting setelah
desain kemasan sebagai penunjang untuk media pemasaran dari produk makanan
ringan khas daerah. Desain grafis kemasan berfungsi sebagai identitas dan
sebagai media informasi tentang produk yang dipasarkan. Desain grafis pada
kemasan sangat bervariasi dengan bentuk, warna, huruf, gambar, dan ilustrasi
grafis, sehingga membuat desain grafis kemasan selalu berubah dan berkembang
seiring dengan bertambahnya waktu. Data penelitian yang dianalisis merupakan
kemasan Ledre Super. Desain grafis pada tiap jenis produk Ledre Super
bervariasi. Desain grafis dengan corak warna berbeda dari setiap kemasan
tersebut menyesuaikan dengan jenis rasa dari Ledre yang dikemasnya. Setiap
kemasan Ledre Super mempunyai ciri khas atau karakter yang berbeda-beda.
Penggunaan warna pada background kemasan menggunakan warna yang menyesuaikan
dengan ciri khas dari variasi rasa Ledre Super. Warna yang digunakan
diantaranya warna kuning sebagai identitas rasa pisang raja, warna cokelat
sebagai identitas rasa coklat, warna kuning cerah dengan kombinasi oranye
sebagai identitas rasa durian, warna merah sebagai identitas rasa kawis, warna
cokelat gelap dengan kombinasi kuning dan merah sebagai identitas rasa waluh,
dan warna hijau muda dengan kombinasi warna kuning sebagai identitas rasa
nangka. Rajanya LEDRE berwarna putih tersebut mempunyai maksud bahwa Ledre
Super merupakan Ledre yang mempunyai kualitas terbaik yang diproduksi asli dari
Bojonegoro. Kemasan secara fisik berbentuk kotak panjang yang terbuat dari
bahan kertas karton lipat dengan lapisan glossy pada bagian tampilan luarnya.
Tampilan desain grafis tampak pada seluruh sisi kemasan, sehingga dalam posisi
berubah-ubah unsur-unsur grafis masih bisa menyampaikan informasi pada audiens.
Kelebihan pada kemasan jenis ini yaitu bisa diletakkan dalam berbagai posisi
dan unsur grafis bisa ditampilkan secara maksimal karena ketersediaan ruang
yang cukup. Merk pada masing-masing kemasan menggunakan nama Ledre Super dengan
tambahan keterangan rasa. Setiap kemasan mempunyai gaya yang berbeda-beda dalam
penerapan jenis font. Merk ditampilkan dalam ukuran besar dan keterangan rasa
ditampilkan dibawahnya dengan ukuran lebih kecil. Perbedaan gaya dan karakter
jenis huruf yang digunakan dalam setiap kemasan tampak beragam dan kurang
konsisten sehingga menyebabkan setiap kemasan tampak berasal dari merk yang
berbeda. Penataan unsur-unsur grafis pada setiap kemasan memiliki pola yang
hampir sama. Ledre Super yang merupakan makanan ringan khas Kabupaten
Bojonegoro adalah produsen ledre yang masih bertahan hingga sekarang. Kemasan
Ledre Super yang terbuat dari bahan karton dengan model folding carton yaitu
cetakan karton yang dilipat membentuk sebuah kotak, yang dapat dibuat cukup
mudah dengan biaya yang tergolong murah. Bentuk kemasan tersebut memudahkan
dalam mendistribusikan produk serta saat men-display produk.
10. 10. Zhafira, Diandra, and Ryan Sheehan Nababan.
"Analisis warna dalam infografis (Studi kasus infografis keluaran
kementerian indonesia dalam mencegah persebaran covid-19)." Jurnal Desain
Komunikasi Visual dan Media Baru 3.2 (2021): 29-34.
Riview = COVID-19 pertama kali muncul di Wuhan, China pada
Desember 2019 lalu. Penyebabnya belumdiketahui dengan jelas. Belum ada
penelitian yang menemukan penyebab awal mula munculnya COVID-19. 2020. Saat
itu, COVID-19 sudah menyebar ke banyak negara. COVID-19, Pemerintah Indonesia
gencar melakukan kampanye kesehatan guna mencegah persebaran COVID-19. Bentuk
kampanye kesehatan ini salah satu bentuknya yaitu infografis. Infografis
menjadi salah satu media yang dapat digunakan untuk menjadi pengingat tentang
menjaga kebersihan di masa pandemi seperti saat ini. Bagi masyarakat.
Infografis sering disebut juga sebagai ilustrasi informasi . Infografis
bertujuan untuk memberitahukan, menghibur atau mengajak, pembaca atau
audiensnya. Infografis memiliki banyak tujuan, yang tergantung infografis apa
yang dibuat dan untuk siapa infografis itu dibuat. Infografis digital adalah
salah satu bentuk konten baru yang digunakan untuk menarasikan cerita. Dari
penjelasan di atas, penelitian ini menemukan bahwa infografis pada sosial media
milik Kementerian Republik Indonesia kita dapat menemukan nilai kemanfaatan.
COVID-19. Pemerintah Indonesia dalam kampanye kesehatan mencegah persebaran
Manusia. Infografis tersebut didesain sedemikian rupa dan menggunakan salah
satu elemen komunikasi visual yaitu warna. Manusia. Kementerian Dalam Negeri
Indonesia. Dalam Negeri menggunakan warna biru . Penggunaan analogus dingin
dapat memberikan kesan ketenangan dan kenyamanan. Penggunaan warna biru yang
merupakan bagian dari analogus dingin dapat memunculkan kesan dan makna
ketenangan bagi pembaca. Negeri juga menggunakan warna tidak dominan yang
merupakan kategori analogus panas yaitu warna merah, kuning dan oranye. Kedua,
infografis keluaran dari Pembangunan Nasional Indonesia. Indonesia menggunakan
warna biru dan hijau . Penggunaan analogus dingin dapat memberi kesan
ketenangan dan nyaman. Penggunaan warna biru dan hijau memunculkan kesan nyaman
bagi pembacanya. Selain menggunakan warna biru dan hijau sebagai analogus warna
dominan, infografis ini juga menggunakan analogus panas yaitu warna kuning.
Penggunaan analogus panas dapat memunculkan kesan panas dan menggebu-gebu.
Ketiga, infografis milik Manusia menggunakan warna dominan analogus dingin
yaitu warna ungu. Dimana penggunaan analogus warna dingin memberi kesan tenang
bagi pembaca. Sehingga dengan menggunakan warna ungu dapat memunculkan kesan
tenang saat membaca infografis tersebut. Infografis milik Kementerian Hukum dan
Hak Asasi Manusia juga menggunakan warna dominan yang masuk pada kategori
analogus panas yaitu warna oranye. Selain itu, infografis milik Kementerian
Hukum dan Hak Asasi Manusia juga menggunakan analogus warna panas yaitu warna
merah dan kuning sebagai warna tidak dominan.
11. 11. Permana, Anju Oktaviandri, and Fuad Erdansyah.
"Analisis Penerapan Prinsip-Prinsip Desain, Tipografi, dan Warna pada
Instagram Feed Senat Mahasiswa Universitas Negeri Medan Tahun 2019."
Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS) 5.1 (2022):
102-110.
Riview = Pesatnya penggunaan media sosial diseluruh dunia tiap tahunnya merupakan salah satu dampak dari perkembangan teknologi, komunikasi dan informasi serta mudah berpartisipasi, berbagi, dalam menciptakan dan mendapatkan sebuah informasi yang ada. Instagram merupakan satu diantara media sosial yang kini sangat acceptable dan menjadi media sosial favorit bagi seluruh masyarat diseluruh dunia termasuk di indonesia. Sehingga mudahnya orang-orang dapat mengakses Instagram mengakibatkan terjadinya fenomena besar terhadap arus keluar masuknya informasi yang terjadi. Senat Mahasiswa Universitas Negeri Medan. Namun dalam rentang waktu 6 bulan sebanyak 15 kali postingan desain Instagram Feed Sema Unimed terdapat beberapa kelemahan pada penerapan prinsip-prinsip desain seperti kurangnya perhatian pada prinsip keseimbangan dan kesatuan, tipografi yang kurang kejelasaanya saat dibaca, dan penerapan variasi warna yang terlihat monoton dengan tidak memperhatikan hubungan antara warna figure dan ground. Kurangnya perhatian pada prinsip-prinsip desain tersebut dapat mempengaruhi minat membaca dan tidak sampainya pesan yang ingin disampaikan. Hal ini sebagaimana yang dikatakan bahwa «kesuksesan dalam menggunakan Instagram tidak hanya bisa dibangun dari adanya keterlibatan antara pemasar dengan konsumen saja maupun hanya mengandalkan dengan seringnya memposting foto dan video melainkan dengan memperhatikan cara pengambilan gambar, memanfaatkan fitur-fitur dalam Instagram seperti memperhatikan warna gambar, ketajaman gambar yang akan diunggah di Instagram tersebut» . Hubungan antara warna figure dan ground pada desain sudah diterapkan dengan baik karena dapat terlihat antara kontras yang ingin ditampilkan pada desain tersebut. Penekanan terlihat di bagian sisi kiri atas pada gambar Ikon PDAM Tirtanadi Kota Medan. Pada desain ini Irama terlihat menggunakan irama berupa repetisi pengulangan bentuk gedung Istana Maimun berupa bayang-bayang berwana biru. Kesatuan desain Instagram Feed III ini terlihat sudah diterapkan dengan cukup baik dengan penambahan bentuk ornament hiasan pada bagian sisi atas kanan dan sisi atas kiri desain. Penerapan Tipografi pada desain Instagram Feed III menggunakan klasifikasi huruf Sans Serif dan Dekorative dengan jenis font Bubles dan Zoria Bold.
12. 12. Kaparang, Daniel Riano, Yesika Gabriela Suatan,
and Peggy Veronica Togas. "Pengaruh Blended Learning Terhadap Hasil
Belajar Dasar Desain Grafis Siswa SMK." Edutik: Jurnal Pendidikan
Teknologi Informasi dan Komunikasi 2.3 (2022): 345-358.
Riview = Pendidikan pada hakikatnya adalah proses kegiatan
yang berwujud perbuatan. Perbuatan yang dimaksud dilakukan untuk membina dan
membentuk seorang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dan diharapkan. Pada
zaman sekarang suatu keberhasilan hidup seseorang tidak terlepas dari
pendidikannya, Pendidikan yang baik akan sangat berpengaruh terhadap seseorang
dimasa depannya. Di era globalisasi ini ilmu pengetahuan dan teknologi serta
model pembelajaran harus dapat dioptimalkan agar mutu pendidikan meningkat. Hal
ini dilakukan karena teknologi pada jaman sekarang sangat berperan erat dalam
dunia pendidikan, dengan adanya teknologi proses belajar mengajar menjadi lebih
bermutu dan dapat membantu seorang pengajar lebih kreatif dan mempermudah
penyampaian materi selama proses pembelajaran. Perkembangan ilmu pengetahuan
dan teknologi yang semakin lama akan semakin maju juga menjadi dorongan bagi
para pelajar untuk meningkatkan kualitas belajarnya dan memperoleh hasil
belajar yang baik dan memuaskan. Grafis Siswa SMK Belajar merupakan su13. atu
proses dimana kita mencari tau apa yang kita tidak tau, belajar juga merupakan
suatu proses atau upaya yang dilakukan setiap individu untuk mendapatkan
perubahan tingkah laku , baik dalam bentuk pengetahuan, keterampilan, sikap dan
nilai positif sebagai suatu pengalaman dari berbagai materi yang telah
dipelajari . Sedangkan Trianto mengemukakan bahwa belajar sebagai perubahan
pada individu yang terjadi melalui pengalaman dan bukan karena pertumbuhan atau
perkembangan tubuhnya atau karekteristik seseorang sejak lahir. Hasil belajar
mempunyai peranan penting dalam proses belajar. Hasil belajar digunakan untuk
mengetahui sebatas mana siswa dapat memahami serta mengerti materi yang telah
diberikan pengajar dalam proses pembelajaran .
13. 13. Nugrahani, Rahina. "Peran desain grafis
pada label dan kemasan produk makanan umkm." Imajinasi: Jurnal Seni 9.2
(2015): 127-136.
Riview = Dalam perekonomian Indonesia, Usaha Mikro Kecil Menengah memiliki peranan yang cukup besar. Keberadaan UMKM sangatlah membantu dalam pertumbuhan perekonomian. Permasalahan modal bukanlah satusatunya kendala bagi gerak pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah . Para pelaku usaha kecil berhadapan dengan permasalahan pemasaran bagi produk mereka. UMKM kalah bersaing dengan produk-produk industri besar yang mapan dalam pembiayaan dan mapan dalam strategi pemasaran. Kemasan menjadi kendala UMKM se-Nusantara. Teks Tampilan teks yang memuat informasi dalam kemasan sebagian besar ditentukan oleh pilihan font/tipografi. Tipografi pada kemasan umumnya merupakan rangkaian alfabetis, menampilkan angka atau tanda baca atau bodycopy yang memuat informasi mengenai produk. Peran tipografi dalam desain kemasan menjadi penting karena potensinya yang mampu baik menjadi elemen baca maupun elemen rupa Warna Warna merupakan perangsang paling penting yang menciptakan daya tarik visual. Studi yang diakukan oleh Wang dan Chen membuktikan bahwa ilustrasi kemasan memiliki pengaruh potensial pada perilaku konsumen. Namun seiring berjalannya waktu, tren konsumen telah berubah. Konsumen rela membayar mahal suatu produk ketika desain grafis kemasan berhasil meyakinkan konsumen bahwa produk tersebut memang layak dan memiliki nilai manfaat yang sebanding dengan harganya. Sebagai contoh produk seperti jamu instan. Harga jamu yang dikemas dalam botol kaca bisa jadi nilai produksinya tidak lebih dari 25%harga produknya, sementara 75% harga jual digunakan untuk menanggung harga kemasan, distribusi dan pemasaran. Memenuhi Standar Fungsi Proteksi Kemasan harus mampu melindugi produk secara fisik.
14. 14. Everlin, Shierly, and Catherine Yosephine.
"Analisis Desain Kemasan Yogurt Drink'cimory'." Titik Imaji 1.2
(2018).
Riview = Yogurt adalah salah satu jenis susu dengan tipe
proses susu fermentasi dimana metode ini merupakan metode tertua dalam jangka
waktu penyimpanan susu, dan sudah dipraktekkan dalam kehidupan manusia sejak
ribuan tahun yang lalu. Komposisi kimia dari susu fermentasi memberikan
indikasi yang berguna tentang nilai gizi produk ini. Komponen utama susu
fermentasi ini adalah protein, lemak, karbohidrat, mineral dan vitamin. Cimory
atau Cisarua Mountain Dairy adalah salah satu perusahaan lokal yang menjual produk
susu beserta dengan olahannya seperti yogurt, keju, krim keju dan kue. Cimory
adalah salah satu produsen susu lokal paling terkenal di Indonesia. Industri
pengolahan susu yang didirikan tahun 2006 ini terletak di pegunungan Cisarua,
Puncak, Jawa Barat. Produk yogurt Cimory terdiri dari minuman aneka rasa serta
yogurt cup. Selain yogurt, Cimory juga menjual susu pasteurisasi, keju dan
roti. Yogurt Drink Cimory pada awalnya menggunakan kemasan botol plastik ukuran
250 ml dengan tutup botol berwarna biru. Pada produk Yogurt Drink ini terdapat
9 varian rasa. Kemasan Yogurt Drink Cimory saat ini tetap mengunakan botol
plastik dengan ukuran 250 ml namun tampilannya menjadi lebih menarik
dibandingkan dengan kemasan terdahulu. Dengan kemasan yang ada saat ini, produk
Yogurt Drink Cimory sudah dikembangkan menjadi 11 varian rasa. Pembahasan
analisis desain kemasan Yogurt Drink Cimory dilakukan berdasarkan teori daya
tarik visual dan daya tarik praktis kemasan. Daya Tarik Visual a. Warna
Terdapat beberapa warna yang digunakan pada kemasan. Warnawarna yang digunakan
disesuaikan dengan varian rasa yang ada. Warna-warna yang digunakan juga
merupakan warna-warna yang cerah. Sehingga dapat menarik perhatian Konsep
kemasan Cimory adalah kemasan yang praktis dan mudah dibawa. Logo yang
terpampang pada kemasan adalah logo dari Cimory itu sendiri. Penempatan logo
terdapat di tengah atas desain botol dengan warna logo berwarna merah sehingga
mudah terbaca oleh d. Ilustrasi Ilustrasi yang digunakan pada kemasan menggunakan
teknik gabungan foto dan vector. Foto yang ditampilkan pada kemasan untuk
memperjelas varian rasa yang ada pada kemasan. Ilustrasi vector berupa tekstur
susu untuk memperjelas bahwa produk yang dijual adalah produk olahan susu.
15. 15. Sungkono, I., Irawan, H., & Patriawan, D. A.
(2019, September). Analisis Desain Rangka Dan Penggerak Alat Pembulat Adonan
Kosmetik Sistem Putaran Eksentrik Menggunakan Solidwork. In Prosiding Seminar
Nasional Sains dan Teknologi Terapan (Vol. 1, No. 1, pp. 575-580).
Riview = Berlatar belakang dari pembuatan bulatan adonan
kosmetik yang dalam pengerjaannya masih dilakukan secara manual, atau
menggunakan kedua telapak tangan. Disini penulis mencoba untuk membuat suatu
inovasi dengan membuat suatu terobosan dan inovasi dengan menciptakan sebuah
alat yang bisa menggantikan peran manusia sebagai pelaku utama, alat pembulat
adonan kosmetik ini merupakan alternatif yang bisa memudahkan seseorang untuk
meningkatkan jumlah produksi dari kosmetik tersebut. Pembebanan gaya gravitasi
pada software solidwork berfungsi untuk menentukan titik berat pada rangka
alat. Nilai yang digunakan adalah 9,807 mm/s2. Untuk sistem eksentrik sendiri
memiliki massa sebesar 245,17 Newton, dan beban terpusat pada dudukan sistem
eksentriknya sendiri dan terpaku pada bagian rangka tepatnya pada bagian luar
sisi weld. Penafsiran hasil analisa struktur Tegangan salah satu post-processor
adalah hasil perhitungan hubungan tegangan dan regangan pada model benda atau
alat, regangan diperoleh dari deformation yang dialami model atau part yang
diuji. Tegangan ekivalen yang digunakan metode Von misses. Tegangan ekivalen
maksimum terjadi rangka bagian belakang tepatnya pada lubang poros belakang
yaitu sebesar 9,2e+000 Mpa, karena pada posisi tersebut beban terbesar
terdistribusi terpusat, sedangkan untuk part sistem penggerak terjadi pada
poros part sistem penggeraknya sendiri sebesar Safety Factor atau angka
keamanan adalah angka keamanan yang terdapat pada setiap desain. Faktor
keamanan diperhitungkan dengan acuan pada hasil pembagian dari besar tegangan
ijin dibagi dengan tegangan yang terjadi.
16. 16. Sianturi,
Noprita Elisabeth. "Analisis desain langit-langit istana maimun." J.
Proporsi 1.2 (2016): 215-223.
Riview = Sultan Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah, anak
pertama dari Sultan Mahmud Perkasa Alam tahun 1888 Ada beberapa warisan budaya
yang berada di Indonesia terutama di kota Medan, dan salah satunya adalah
Istana Maimun. Alamsyah berkuasa atau naik tahta, Sultan Makmun Al Rasyid
adalah anak pertama dari Sultan Mahmud Perkasa Alam. Sultan Makmun Al Rasyid
naik tahta sebagai pengganti Sultan Mahmud Perkasa Alam sebagai Raja Kesultanan
Deli dimulai pada tahun 1873 sampai 1924, Sultan Makmun Al Rasyid bergelar
sebagai Sultan Deli yang ke-IX. Pada bangunan istana Maimun didominasi warna
kuning dan terlihat sangat menonjol sekali di bangunan bagian luar dan bagian
dalam Istana tersebut dikarenakan warna kuning adalah ciri khas Kesultanan dan
kebudayaan Melayu. Istana dibangun dimulai dari tanggal 26 Agustus 1888,
setelah selesai langsung diresmikan tanggal 18 Mei 1891. Istana Maimun dibangun
diatas tanah seluas 2.772 m², terdiri atas tiga bangunan utama yang berisi 30
kamar. Bangunan induk disebut juga Balairung dengan luas 412 m2, dimana
singgasana kerajaan berada istana maimun ini diarsiteki oleh seorang arsitek
Belanda yang bernama TH Van Erp, dimana pembangunan istana tersebut
menggabungkan beberapa budaya Melayu, Islam, Spanyol, India, dan Italia.
Langgam arsitektur pada istana maimin ini perpaduan dari beberapa arsitektur
beberapa negara. Selain dari khas melayu terdapat juga beberapa langgam khas
budaya lainnya seperti islam, india, spanyol, dan italia. Dominasi warna kuning
pada seluruh Istana Maimun melambangkan kebesaran bangsa Melayu. Adapun tahta
singgasana baru didirikan di zaman pemerintahan Sultan Amaluddin Sani Perkasa
Alamsyah, karena dan salah satu gambar lama masa Sultan Ma’mun Alrasyid
memerintah, singgasananya berbentuk lain. Pada tahta yang ada sekarang, kita
lihat ukiran foliage dan bunga corak ukiran Melayu yaitu «Bunga Tembakau»,
ukiran atas depan «Awan Boyan», samping atas bulatan bunga matahari.
Berdasarkan prasasti berbahasa Belanda dan Melayu yang terdapat pada sekeping
marmer di kedua tiang ujung tangga naik, peletakan batu pertama pembangunan
Istana Maimun dilakukan pada tanggal 26 Agustus 1889 oleh Sultan Ma’mun
Alrasyid Perkasa Alamsyah dan mulai ditempati pada tanggal 18 Mei 1891 jadi
pengerjaan pembangunan istana maimun ini dilakukan selama 2 tahun lebih. Dengan
demikian hingga pada saat ini usia bangunan istana maimun telah berusia satu
abad, kurun waktu tersebut tidaklah terlalu tua ditinjau dari segi arkeologi.
Akan tetapi pengertian tua atau kuno itu sendiri dari sudut kronologi relatif
sifatnya, kalau dikaitkan dengan undang-undang kepurbakalaan yang masih berlaku
di negeri kita yaitu monumenten ordonantie Stbl. No.238 tahun 1931, khususnya
pasal 1 ayat 1 , jelas bahwa Istana Maimun ini termasuk bangunan purbakala atau
monumen. Dengan kata lain, dari segi perundang-undangan perlu dan harus
dilindungi, dipelihara dan dilestarikan karena telah berusia lebih dari 50
tahun agar dapat diwariskan kepada generasi penerus bangsa, termasuk di
dalamnya upacara-upacara tradisional baik yang bernilai sakral maupun non
sakral yang pernah dilaksanakan di masa lampau di Istana Maimun.
17. 17. Nandaryani, Ni Wayan, Ngurah Adhi Santosa, and
I. Putu Dudyk Arya Putra. "Analisis desain konten instagram sebagai
strategi promosi@ sayurboxbali." SENADA (Seminar Nasional Manajemen,
Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi). Vol. 4. 2021.
Riview = Media sosial merupakan media promosi yang sangat
efektif karena mampu menyebarkan informasi secara cepat dan luas. Saat ini
kegiatan berpromosi di media sosial semakin berkembang dengan munculnya
berbagai macam platform, salah satunya yang cukup populer adalah instagram.
Berpromosi di instagram terbilang mudah dan cukup ampuh jika bisa dikelola
dengan baik. Melalui instagram sebuah usaha yang dipromosikan bisa cepat
dikenal masyarakat karena pengguna Instagram di Indonesia cukup banyak.
Berdasarkan data Napoleon Cat, pengguna Instagram di Indonesia pada periode
Januari-Mei 2020 mencapai 69,2 juta pengguna . Konten yang bisa digunakan
sebagai sarana promosi pada instagram juga semakin berkembang, tidak hanya bisa
berbagi foto saja tetapi juga bisa berbagi video ataupun animasi. Saat ini
banyak sekali umkm maupun perusahaan kelas atas menggunakan instagram sebagai
media promosi. Sayur Box merupakan usaha berbasis aplikasi belanja online yang
menjual bahan pangan seperti buah, sayuran serta daging yang juga memanfaatkan
instagram sebagai media berpromosi. Sayur Box didirikan sejak 2016 oleh Amanda
Susanti sebagai bentuk keprihatinannya terhadap perbedaan jarak harga dari
petani kepada para konsumen. Tujuan utama startup ini adalah membentuk
ekosistem anatar petani dan konsumen secara langsung dan diharapkan bisa
meningkatkan pendapatan petani . Foto Adalah postingan konten berupa gambar
atau foto. Adalah postingan instagram berupa video atau gambar yang bergerak.
Infografis Infografis merupakan sebuah konten yang di dalamnya menyajikan
informasi spesifik tentang suatu ide atau konsep dan dijelaskan dengan
memanfaatkan peran grafis berupa ilustrasi atau photo. Stories Stories adalah
salah satu fitur terbaru Instagram yang sangat fenomenal. Kontes Konten kontes
di Instagram baik untuk memaksimalkan engagement. User Generated Content Konten
buatan pengguna atau UGC adalah salah satu konten yang autentisitasnya sangat
tinggi. Ilustrasi Ilustrasi secara harafiah berarti gambar yang dipergunakan
untuk menerangkan atau mengisi sesuatu . Tujuan ilustrasi adalah untuk
menerangkan atau menghiasi suatu cerita, tulisan, puisi, atau informasi
tertulis lainnya. Warna Warna dapat didefinisikan secara obyektif/fisik sebagai
sifat cahaya yang dipancarkan, atau secara subyektif/psikologis sebagai bagian
dari pengalaman indera penglihatan.
18. 18. Nehru, Nehru, and Ahmad Syarkowi. "Analisis
desain pembelajaran untuk meningkatkan literasi sains berdasarkan profil
penalaran ilmiah." WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika) 2.1 (2017).
Riview = Pembelajaran di abad 21 sudah bergeser kesuatu
paradigma baru yang proses pengajaranya berfokus kepada peserta didik. Salah
satu tujuan dalam pembelajaran diabad ini adalah melatihkan kemampuan literasi
sains. Literasi sains memiliki banyak defenisi dan cenderung berubah seiring
zaman menurut defenisinya adalah pengetahuan dan pemahaman tentang
konsep-konsep ilmiah dan proses yang diperlukan untuk pengambilan keputusan
pribadi, partisipasi dalam urusan sipil dan budaya, dan produktivitas ekonomi.
Literasi sains didefenisikan sebagai kapasitas untuk menggunakan pengetahuan
ilmiah, untuk mengidentifikasi pertanyaan dan untuk menarik kesimpulan
berdasarkan bukti untuk memahami dan membantu membuat keputusan tentang alam
dan perubahan yang dibuat melalui aktivitas manusia . Perubahan paradigma
pendidikan di abad 21 mengharuskan suatu desain pembelajaran yang bersifat
student center sehingga guru harus mengetahui bagaimana sifat perserta
didiknya, dan mengetahui cara atau pendekatan yang tepat dalam melatihkan
kemampuan yang menjadi tujuan dalam pendidikan saat ini. Dengan mengetahui
bagaimana kharakteristik peserta didik maka seorang guru akan dapat mendesain
suatu pembelajaran yang efektif dan menarik . hypothetical-deductive reasoning.
Selain itu penalaran ilmiah menjadi penting diketahui karena merepresentasikan
kumpulan keterampilan dan kemampuan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas
pada proses penyelidikan sains . Hal ini ditunjukan oleh dalam penelitianyang
dilakukan oleh Shayer, M. dan P.S. Adey selama tiga tahun yang salah satu
hasilnya menyimpulkan bahwa keampuan penalaran ilmiah mempunyai korelasi
terhadap hasil belajar konten sains. Tes kemampuan penalaran ilmiah dilakukan
pada bulan November 2016.Pada ketiga kelas secara serentak.Mendapatkan hasil
yang dikategorikan menjadi tiga sesuai dengan tahapan perkembangan kognitif.
Adapun hasilnya adalah sebagai berikut. Dari Tabel 1 dapat dilihat bahwa
95,7%mahasiswa berada pada profil kongkret, 4,3% mahasiswa berprofil transisi,
dan 0%mahasiswa berprofil formal. Dilain pihak kemampuan bernalar ilmiahyang
menggunakan CTSR juga dapat dikategorikan berdasarkan ketegori kemampuannya.
Proportional Thinking, probability reasoning dan hypothetical-deductive
reasoning. Dalam pembelajaran sains juga sangat sering menggunakan pembelajaran
berbasis laboratorium.Dengan profil mahasiswa yang mayoritas kongkret maka
pembelajaran dilab haruslah berhubungan dengan benda yang kongkret juga
sehingga kegiatan lab yang digunakan haruslah laboratorium nyata .
19. 19. Januariyansah, Sapitri. "Analisis Desain
Logo Berdasarkan Teori: Efektif Dan Efisien." Yogyakarta: Universitas
Negeri Yogyakarta (2018).
Riview = Logo merupakan suatu simbol dari suatu brand.
Penggunaan logo menjadi hal yang penting untuk mengenalkan brand ke konsumen
dan pasaran. Logo memiliki karakteristik yang dapat menyampaikan visi dan misi
dari perusahaan atau lembaga yang menggunkannya. Pada masa sekarang logo telah
banyak digunakan oleh masyarkat luas sebagai satu sumbol tesendiri. Logo
digunakan oleh banyak perusahaan kelas satu seperti pertamina, pertambangan
batu bara dan juga digunakan oleh perusahaan kelas dua seperti manufaktur,
contohnya perusahaan Astra, Toyota, Mistsubisi, dan lain sebagainya. Tidak
hanya sebata perusahaan besar saja, perusahaan di bidang jasa seperti pakaian,
makanan, dan layana masyarakat juga selalu menggunakan logo. Di sisi lain
lembaga pendidikan dan organisasi termasuk lembaga yang menggunakan logo.
Penggunaan logo yang sangat banyak menjadikan desain dari logo menjadi sangat
penting untuk diperhatikan. Fungsi-fungsi logo tergantung dari jenis perusahaan
yang menggunakan. Misal, perusahaan pertambangan menggunkan logo hanya sebatas
simbol yang mengantarkan nilai-nilai perusahaan, berbeda dengan perusahaan
makanan. Pada perusahaan makanan selain sebagai simbol karekteristik dan
penyampai nilai, logo juga digunakan sebagai daya tarik untuk memikat
pelanggan, contohnya pada logo rumah makan yang memiliki karakteristik pedas,
logo yang digunkan dapat berupa gambar cabe berwarna merah. Name Only Logo Logo
jenis ini adalah logo yang dimabil dari sebuah nama dengan menggunakan gaya
grafis kgusus. Name/Symbol Logo Logo jenis ini terdiri dari nama perusahaan
atau produk dengan gaya tipografis yang berkarakter kuat, tersusun dari
bentuk-bentuk grafis seperti oval, kotak, atau lingkaran. Associative Logo Logo
jenis ini berdiri bebas yang biasanya tidak memuat nama produk atau perusahaan,
tetapi memiliki asosiasi langsung dengan nama, produk, atau wilayah
aktifitasnya. Contohnya logo Citroen, Bakrie Brothers, dan lain-lain. Secara
umum logo juga terbagi menjadi dua bagian berdasarkan bentuknya. Logo tersebut
dapat berupa huruf atau angka dan berupa gambar. LogoGram dan LogoType.
Logogram, adalah simbol atau karakter yang digunakan untuk menyampaikan suatu
kata, yang menggambarkan bidang usaha dari suatu bisnis perusahaan atau
organisasi. Carter dalam kursianto Easilly Applied to All Media yaitu faktor
kemudahan mengaplikasikan logo baik menyangkut fisik, warna maupun konfigurasi
logo pada berbagai media grafis. Dalam mendesain sebuah karya visual terdapat
beberapa hal yang perlu diperhatikan. Menurut Robin Landa roda warna adalah
alat visual yang menggambarkan dasar-dasar warna. Balance/Keseimbangan
Keseimbangan menggambarkan distribusi gambar yang merata untuk menciptakan efek
visual yang menyenangkan. Keseimbangan memiliki pengaruh psikologi pada
presepsi manusia. Contrast/Kontras Kontras adalah variasi dari elemen dalam
produk yang tercetak, misal jika penggunaan garis hanya menggunakan garis tebal
saja maka akan terkesan monoton, tetapi jika ditambahkan garis tipis maka akan
menjadi lebih menarik.
20. 20. Setiawan, Dedy, Tri Suratno, and Lutfi Lutfi.
"Analisis, Desain dan Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik Mobile
Berbasis Android." ELKHA: Jurnal Teknik Elektro 10.2 (2018): 73-77.
Riview = Saat ini, teknologi mobile phone semakin
berkembang, dahulu orang mengenal mobile phone dengan sistem operasi Symbian,
namun muncul sistem operasi mobile phone baru yaitu sistem operasi iOS, Windows
Phone, hingga yang terakhir adalah Android . Berbasis Android untuk saat ini
dapat membantu dalam atomasi sistim. Dengan kemudahan dan keuntungan otomasi
sistem, maka secara rasional akan meningkatkan layanan penyediaan informasi,
meningkatkan efektifitas pengelolanya karena dapat mengerjakan pekerjaan produktif
lainnya, meningkatkan profesionalisme sistem, dan sebagainya. Android merupakan
platform mobile yang mampu secara langsung berkomunikasi dengan berbagai
database server, sehingga pada perkembangannya banyak bermunculan
aplikasi–aplikasi berbasis data yang dikembangkan pada platform ini, misalnya
saja facebook, twitter, instagram dan media sosial lainnya yang memungkinkan
para penggunanya berbagi foto, musik dan data-data lainnya dengan lebih praktis
karena tanpa harus membuka aplikasi browser terlebih dahulu . Perguruan tinggi
sebagai suatu lembaga yang berfungsi sebagai tempat melaksanakan proses
belajar-mengajar, pelatihan dan pengembangan terhadap anak didiknya.Pada era
globalisasi ini perguruan tinggi diharapkan bisa mengikuti perkembangan ilmu
pengetahuan khususnya dalam bidang teknologi informasi berbasis teknologi
mobile untuk menunjang kinerja kegiatan akademiknya seperti pengolahan data
akademik ataupun dalam penyajian informasi akademik secara cepat, tepat, akurat
dan berkualitas.
Komentar
Posting Komentar